Beranda > Idea dan gagasan, Opini Pribadi > Renaissance ASIA

Renaissance ASIA


Renaissance ASIA,

sumber google image

Pembaca yang budiman,  kata renaissance sudah sering kita dengar di buku-buku sejarah eropa. Tapi kata renaissance ASIA mungkin jarang anda terdengar di telinga kita. Terlalu awam, dini atau guroan belaka dari orang-orang yang terlalu optimis akan Asia mungkin itu yang akan kita dengar kalau mengungkapkan kata-kata ini di public. Sejarah..Sejarah….

Presiden Soekarno melalui legitimasi pernah memberikan gagasan bahwa Indonesia Mercusuar Asia bahkan Dunia. terlalu naïf mungkin bagi bangsa yang baru merdeka beberapa tahun (bahkan Warga negaranya juga tidak mengerti/kurang paham kala itu mengingat hanya bebrapa yang sekolah dan bekas di jajah bertahun2  lamanya), namun kawan sejarah membuktikan bagaimana power sharing dunia di bagi dan ASIA mendapatkan porsi-porsi kekuatan dunia. Dan bagaiman visi presiden Soekarno akan kemandirian kemerdekaan kawasan ASIA (walaupun  tidak bisa di pahami oleh orang ASIA itu sendiri exp Negara M*******)

Visi Presiden Soekarno and friends (yang penting bukan and the Gank)kala itu memang bukan isapan jempol bagaimana diplomasi bermain bersama kekuatan militer pasifik dan yang tidak kalah penting adalah pemikiran pemikiran generasi-generasi muda kala itu.

sumber google image

Visi ASIA berlanjut pada ERA Soeharto dalam gagasan-gagasan ASEAN, mungkin ide yang dasyat bagi bangsa-bangsa asia yang baru merdeka. (ref uni eropa baru di buat tahun 2000 lebih, dan Amerika baru saja mengintgrasikan). Namun kawan perkembangan ASEAN bisa dibilang kurang mulus karena mungkin tidak terpisahkan oleh konstelasi Negara negara barat. Hal ini juga dikarenakan beberapa Negara ASIA yang tidak merdeka secara murni maka dari sini membuat ASEAN masih berputar dalam masalah internalnya sendiri bahkan hingga sekarang (hal ini yang membuat kenapa ide Presiden Soekarno setelah Indonesia merdeka berkeingan Negara di kawasan asia bebas dari konsep Negara pesemakmuran)

Indonesia sebagai Negara yang murni memperoleh kemerdekaan itu sendiri sekarang berjuang sendiri di ASEAN dan ASIA sedikit berkompromi dengan Konstelasi CINA dan Barat.

Kawan tahun 1998 adalah benar-benar Dasyat mungkin kalau kita melihat dari sudut ruang sempit hanya masalah melengserkan kedudukan Pak Soeharto dan Kawan-kawan.  Namun 1998 sebetulnya era baru Indonesia dalam sudut pandang GLOBAL dan bagaimana pergeseran birokrasi dan era implementasi Demokrasi Konstitusional. Kawan bukan sebuah hadiah dan penghargaan banyak korban di masa ini…..

Dalam Era informasi dan keterbukaan yang dasyat dalam beberapa saat mengubah pola piker masyarakat Indonesia yang cepat. Kegamangan dalam bernegara, kegamangan mengenai format Negara dan berbangsa juga berimbas. Untunglah masa pemerintahan Habibie dan Presiden Abdurahman Wahid ( Singkat saja pakai GUS DUR  namanya susah di tulis tanpa mengurangi rasa Hormat tentunya) mengembalikan Indonesia kedalam track harfiahnya PANCASILA mungkin kawan-kawan tidak tahu. Namun secara geopolitik dan Ekonomi GUS DUR bermain Cantik di dunia bagaimana kunjungan GUS DUR ke bill Clinton, Sarkozi and the gank pada era pemerintahannya . (mungkin anda bertanya siapa GUS DUR kok bisa bermain cantik dengan Amerika dan dunia barat dan apa materi kunjungannya allahualam)

Hal ini berlanjut dalam ERA megawati  bagaimana beliau menjaga track Indonesia di waktu itu mungkin banyak sindiran dan cercaan namun dari pada itu Indonesia bisa bangkit dalam keterpurukan.

Sumber google image

Kawan pada saat ini era keterpurukan EROPA dan  Imprealisme afrika dimulai dan kawasan timur tengah yang suram menjadikan ASIA sebagai komodity Ekonomi, Soaiasial dan Politik yang baru. Bukan hanya itu Indonesia juga dihadapakan dalam ERA social yang baru dan kita sebagai generasi muda harus siap menyongsong ERA Renaissance ASIA. Dengan berbekal:

  1. Ideologi Pancasila
  2. Culture
  3. Demokrasi “ Konstitusinal”
  4. New Berokrasi efficience effective
  5. Sumber daya Manusia
  6. Ekonomi berkeadilan
  7. Perangkat2  Aturan dan perundangan

Dengan berbebekal ini mungkin kita bias bersaing dan mampu menatap Renaissance ASIA yang sudah dimulai. Ayo para Pemimpin di Indonesia pemangku kebijakan siapkan Indonesia dengan perangatkat2 kebijakamu dan bagi generasi muda bersiplah era kompetisi sudah dimulai Perdagangan Bebas, AFTA, ASEAN +CINA, world trade dll

 

Salam Hormat Penulis

00.27 WIB/25 Maret 2011

Mari berkarya dan Produktif sekecil apapun

 

 

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: